Senin, 02 Maret 2015

Cara Mengatasi Jerawat, Sebuah Tips Pengobatan Alami/Tradisional

Jerawat adalah penyakit paling menyebalkan karena umumnya ada dibagian kulit muka sehingga menganggu estetika dan kecantikan. Muka menjdai kurang enak dilihat bahkan untuk penderita remaja dengan jerawat yang cukup parah, bisa membuat minder dan cenderung menarik diri dalam lingkungan pergaulannya.

Hingga kini, masih banyak orang yang mengatasi jerawat namun selalu gagal, bukannya bebas jerawat, malah makin menjadi-jadi. Dalam kasus tertentu, hingga mendatangkan masalah baru, berupa tambahan penyakit kulit lainnya. Bisa karena efek obat, ramuan maupun efek lain yang ditimbulkannya.

Apakah Anda salah satu yang mengalaminya? Bila iya, tidak menyenangkan bukan? Bagi Anda yang sedang berusaha mengatasi jerawat ada baiknya menyimak artikel ini hingga selesai karena jerawat merupakan persoalan yang cukup rumit dan perlu pemahaman secara mendalam sehingga Anda dapat mengatasinya dengan tepat dan cepat.

Cara Menghilangkan Jerawat 1

Memahami Karakter Jerawat
Pada dasarnya, jerawat terjadi akibat penyumbatan pori-pori kulit yang kemudian menyebabkan peradangan dan menimbulkan kantung nanah dengan ukuran yang beragam. Ada yang kecil dan ada juga yang besar hingga sebesar biji kacang. Sebarannya pun berbeda-beda. Ada yang dalam jumlah sedikit, ada juga yang banyak hingga disebagian besar kulit wajah.

Cara Mengatasi Jerawat Sebuah TipsJerawat tergolong jenis penyakit kulit yang banyak penderitanya. Kligmann, seorang ahli dan peneliti masalah jerawat ternama di dunia menyebutkan bahwa di dunia ini tidak ada orang yang terbebas dari jerawat. Semua orang pernah di muka bumi ini pernah mengalami masalah jerawat. Salah satu penyebabnya adalah perubahan hormonal dari masa pertumbuhan, menstruai, kehamilan, bahkan pil KB dan stress.

Ada banyak faktor penyebab terjadinya jerawat. Masing-masing memiliki karakter ‘infeksi’ yang berbeda-beda. Dari sini dapat diketahui jenis penanganan yang bisa Anda pilih. Untuk itu, perhatikan baik-baik faktor penyebabnya. Faktor penyebab jerawat antara satu dan yang lainnya, bisa berbeda-beda. Suatu cara penanganan yang berhasil diterapkan oleh teman Anda belum tentu cocok untuk Anda. Jadi jangan terburu-buru menyimpulkannya.  

Kenali Faktor Penyebabnya

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab terjadinya jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat 2

Produksi Minyak Berlebih

Jerawat itu tidak selalu akibat kulit kotor karena bisa juga akibat kondisi abnormal kulit yang menyebabkan terjadinya produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) pada kulit berlebih. Minyak berlebih memungkinkan terjadinya penymbatan pada saluran folikel rambut dan pori-pori. Hasilnya minyak menumpuk dan menymbat bagian tersebut. Kondisi ini rentan infeksi bakteri. Infeksi bakteri kemudian menjadikan kulit radang dan menimbulkan kantung nanah yang biasa kita sebut jerawat.

Sel Kulit Mati

Cara Menghilangkan JerawatSel kulit mati turut memberi kontribusi bagi terjadinya jerawat. Kulit memiliki sistem regenerasi untuk memperbaiki dirinya sendiri. Sel-sel kulit yang mati akan digantikan dengan sel-sel baru untuk peremajaan kulit. Sel kulit yang mati tidak bisa terlepas akibat terhambat atau terperangkap minyak yang diproduksi secara berlebih kemudian bercampur dengan debu dan kotoran. Dalam jumlah banyak dapat menyebabkan bintik putih atau hitam pada kulit selanjutnya berpotensi menjadi jerawat. 

Peran Bakteri

Faktor penentu terjadinya jerawat adalah bakteri yang disebut p.acne. Bakteri ini berkembang baik di kelenjar yang memproduksi minyak pada kulit, khususnya pada daerah berminyak yang terkontaminasi selkulit mati, debu dan kotoran. Bakteri tersebut berkembang dengan memproduksi (menghasilkan) zat-zat yang bisa menimbulkan iritasi kulit sehingga terjadi pembengkakan. Pada jenis kulit tertentu, zat-zat yang dihasilkan bakteri bisa menyebabkan peradangan parah dan menghasilkan jerawat berukuran besar (jerawat batu) yang bisa meninggalkan bekas luka seperti cacar yang permanen.

Cara Menghilangkan Jerawat 3

Faktor Lain

Cara Mengatasi Jerawat Sebuah TipsAda banyak faktor lain yang dapat memicu jerawat, salah satunya kosmetik. Pengguna kosmetik seperti bedak dengan foundation atau yang mengandung banyak minyak rentan dengan jerawat karena kosmetik jenis ini mengundang pertumbuhan bakteri sehingga pemilik kulit dengan minyak berlebih perlu ekstra hati-hati saat memilih jenis kosmetik. 

Konsumsi obat kortikosteroid yang menurunkan daya tahan tubuh juga dapat memicu jerawat akibat aktivitas bakter patogen yang meningkat.

Bicara soal bakteri, ponsel juga turut berperan pada proses terjadinya jerawat. Ponsel berperan sebagai media yang memungkinkan pertumbuhan bakteri dengan subur. Sehingga kebersihan ponsel harus diperhatikan seperti membersihkannya dengan alkohol secara rutin karena ponsel sering melekat pada kulit bibir yang rentan jerawat.

Bila Anda pernah mendengar bahwa stress bisa menimbulkan jerawat sebenarnya, tidak secara langsung. Namun, memang ada zat tertentu yang muncul saat orang mengalami stress yang bisa memicu pertumbuhan jerawat. Namun yang paling berdampak adalah makanan tidak sehat yang biasanya dikonsumsi berlebih saat mengalami stress, seperti makanan manis, makanan berlemak sebagai pelampiasan atau pelarian stress.

Jenis-Jenis Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat 4

Komedo adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak berlenih pada kulit. Komedo ada dua jenis. Jenis pertama, komedo terbuka (blackhead) seperi pori-pori yang membengkak dengan tonjulan berwarna hitam di bagian atasnya, dan ke dua komedo tertutup (whitehead) yang biasanya berupa tonjulan putih kecil dengan kulit di atas pori-pori.

Jerawat Biasa

Jerawat jenis ini akibat infeksi bakteri propinibacterium acne dengan ciri-ciri khas, berupa tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Propinibacterium acne dapat memproduksi asam propionik (propionic acid) dan memiliki sifat aerotolerant. Inilah yang menimbulkan atau penyebab iritasi pada daerah sekitarnya sehinga berwarna kemerahan.

Cystic Acne (Jerawat Batu)

Cystic acne atau yang kita kenal sebagai jerawat batu adalah jenis jerawat dengan kukuran besar akibat kelenjar minyak yang over aktif dan juga akibat proses regenerasi sel-sel kulit mati yang tidak normal. Proses regenerasi atau pergantian sel kulit berjalan tidak normal sehingga sel-sel kulit yang telah mati tidak terlepas, menumpuk dan terikat tumpukan minyak pada kulit, di samping itu, kulit memiliki resfon berlebih terhadap peradangan. Umumnya, jerawat jenis ini dipengaruhi oleh faktor genetik. ( Baca Juga: Cara Mengatasi ... )

Cara Mengatasi Jerawat

Tidak mudah mengatasi jerawat karena umumnya berada di bagian kulit sensitif sehingga sedikit kesalahan memilih obat tidak efektif mengatasinya, bahkan bila terjadi kesalahan jenis obat bisa berakibat fatal. Jerawat malah makin menjdai-jadi.

Yang pertama perlu mengidentifikasi jenis kulit dan memahami sensitifitas kulit agar terhindar hal-hal yang tidak diinginkan. Bila sudah diketahui, pilih obat jerawat yang terdaftar di Kementrikan Kesehatan karena saat ini, banyak beredar obat-obat palsu atau obat-obat yang mengandung zat-zat terlarang atau berbahaya.

Untuk diperhatikan, bila ingin mencoba obat-obat tertentu, pilih jenis obat (salep, kapsul atau yang lainnya) dengan seksama dan bila sudah mecoba beberapa jenis atau merek obat dan ternyata tidak berpengaruh atau bahkan makin memburuk, segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan analisa yang lebih tepat dan juga bisa mendapatkan jenis obat yang tepat pula.

Cara Menghindati Jerawat

Jaga kebersihan kulit muka dengan rutin menggunakan pembersih muka yang cocok dengan kulit Anda.
Minum dan makan makanan sehat terutama sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan dan vitamin yang baik untuk menutrisi kulit.
Sebaiknya, bila tidak diperlukan, hindari penggunaan kosmetik.
Membersihkan berbagai benda yang sering bersentuhan dengan kulit wajah seperti handuk, lap muka, helem, ponsel dan semacamnya, agar terhindar dari bakteri yang dapat menginfeksi kulit wajah.

Dipersebbahkan Oleh:

Cara Menghilangkan Jerawat, Cara Menghilangkan, Cara Mengatasi, Cara Mengobati, Cara Menyembuhkan, Cara Mengetahui, Cara Menditeksi, Cara Menglilangkan, Cara Mengetahui, Cara Agar, Cara Menglilangkan, Cara Memulai, Cara Untuk, Cara Baik, Cara Tepat, Cara Segalanya, Cara Satu, Cara Dua, Cara Tiga, Cara Empat, Cara Menglilangkan, Cara Lima, Cara Menglilangkan, Cara Enam Cara Tujuh, Cara Delapan. Cara A, Cara B, Cara C, Cara D, Cara Menglilangkan


--------------------------------------

Cara, Jerawat, Mengarasi,
Cara Mengatasi Jerawat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMUKAN MAKALAH/ARTIKEL YANG ANDA CARI DI SINI:
Custom Search

Posting Terkini