Minggu, 19 Oktober 2008

Mengaktifkan dan Mengelola Widget di Sidebar Wordpress

Disini saya akan mencoba membahas dan menjelaskan secara lengkap mengenai cara mengaktifkan dan Mengelola Widget di Sidebar Wordpress. Langsung saja =>

Sebelum menjelaskan cara menampilkan dan mengaktifkan Widget di Sidebar Wordpress, terlebih dahulu saya ingin memberikan gambaran mengenai hal tersebut.
Sidebar merupakan ruang yang disediakan ditampilan Blog untuk menampilkan fitur-fitur atau pasilitas-pasilitas yang disediakan oleh Wordpress, dan sidebar ini letaknya ada di bagian kiri atau kanan dari tampilan Blog Wordpress. Sedangkan widget adalah fitur-fitur atau pasilitas-pasilitas wordpres yang dapat ditampilkan didalam sidebar dalam bentuk menu-menu yang bisa tambahkan sesuai dengan yang anda butuhkan.

Untuk cara-caranya silahkan ikuti petunjuk berikut ini:

Untuk WordPress versi 2.5 / 2.6 dan Wordpess.com:

> Tahapan awal login terlebih dahulu ke account yang telah anda miliki di Wordpress.com
> Pilih/Klik Desain atau Design
> Pilih/Klik => Widget
> Pilih/Klik => Tambah atau Add pada Widget yang anda pilih untuk diaktifkan/ditambahkan ke sidebar.
> Pilih/Klik => Simpan Perubahan atau Save Changes dengan tujuan agar widget yang anda tambahkan dapat masuk ke sidebar.
> Pilih/Klik => Sunting atau Edit pada widget yang akan di edit.
> Pilih/Klik “Change” dan “Simpan Perubahan”. Selesai.

Catatan:

Untuk "Mengedit" atau "menyunting" dan mengetahui fungsi dari Widget-Widget yang disediakan Wordpress, akan saya jelaskan di judul-judul tutorial berikutnya.

Untuk mengatur susunan/urutan widget ditampilan sidebar, anda cukup Klik tanpa dilepas kemudian geser dan arahkan ke urutan yang anda inginkan.

Untuk WordPress versi di bawah 2.5

Setelah login -> klik “Tampilan” atau “Presentation”
> Pilih/Klik => Widget
> Setelah itu di sana akan ada menu-menu Widget yang terletak di bagian bawahnya, dalam bentuk kotak-kotak kecil
> Untuk menampilkannya di sidebar:
Tarik kotak Widget yang ingin anda pilih/tambahkan dengan meng-klik widget tanpa melepasnya, dan langsung geser/arahkan ke Sidebar yang terletak di atasnya setelah terletak diposisinya lepas.
> Pilih/Klik => Simpan Perubahan atau Update Change yang terletak di bagian kanan atas dan/atau bawahnya.

Setelah anda klik "perubahan" atau "Update Change" maka widget yang andapilih sudah aktif dan sudah tampil di sidebar Blog yang anda miliki.

Untuk melihat hasilnya, Pilih/Klik => tombol Kunjungi Situs yang terletak dibagian atas tampilan Blog anda. dan untuk kembali Pilih/Klik => Dasbor

Untuk "Mengedit" atau "menyunting" dan mengetahui fungsi dari Widget-Widget yang disediakan Wordpress, akan saya jelaskan di judul-judul tutorial berikutnya.

Selamat mencoba...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMUKAN MAKALAH/ARTIKEL YANG ANDA CARI DI SINI:
Custom Search

Posting Terkini