Sabtu, 25 Oktober 2008

Pengantar Membuat Blog di Blogger atau Blogspot

Selamat Batang di Tutorial Blog Blogger Akademik Center.

Pada proyek tutorial blog ini, saya ingin berbagi pengetahuan tentang Blog yang telah saya dapatkan dari berbagai sumber dan pengalaman. Di dalam tutorial ini saya tidak akan mambahasnya terlalu teoritis karena akan sangat mambosankan bagi yang membacanya.

Blog pada dasarnya adalah pasilitas yang bisa kita manfaatkan untuk banyak tujuan dan kepentingan. Karena pasilitas di dalam Blog bisa memuat pesan baik dalam bentuk teks, seperti artikel, Makalah, esai dll. Bahkan juga bisa memuat gambar yang bisa kita kelola secara menarik dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya, yaitu untuk tujuan publikasi, bisnis, iklan, kampanye politik dll.

Kita langsung saja ke praktek dengan melalui tahapan-tahapan yang saya buat sesuai dengan uturan-urutan judul tutorial dibawah ini. Saya sarankan agar anda melakukannya secara terutrut sesuai dengan urutan judul dibawah ini. Karena telah saya urutkan agar prosesnya bisa lebih mudah.

Beberapa Persiapan Sebelum Membuat Akun di Blogger/Blogspot

1). Buat e-mail di Gmail.com

Buat e-mail dengan alamat email yang mudah anda ingat. Dan saya sarankan, buatlah email baru yang khusus untuk blog yang akan segera anda buat. Langkah ini akan memudahkan anda, karena kedepannya anda akan membutuhkan banyak aplikasi pendukung dari luar yang digunakan di blog anda. Di mana ketika anda ingin mendapatkannya, anda harus malakukan registrasi untuk membuat akaun di web-web penyedia layanannya, yang mayoritas menggunakan alamat email sebagai User Name-nya.

Dan khusus untuk yang berminat menggunakan Blog dari layanan blogger. Penggunaan e-mail dari Gmail akan sangat memiliki nilai plus. Karena Gmail masih milik perusahaan Google yang juga merupakan penyedia layanan blog Blogger. Dengan katalain masih satu perusahaan, yaitu Google. Dan langkah ini pun akan memudahkan anda nanti ketika ingin menggunakan layanan iklan dari Google yang akan menghasilkan Dollar $ yang akan saya bahas secara khusus di judul Google Adsense.

2). Samakan User Name dan Password di setiap akau yang anda buat.


Ketika anda membuat Akun, usahakan sama agar anda mudah mengingatnya. Karena ketika membuat Blog anda akan banyak membuat akun untuk keperluan blog anda. Maka buatlah dengan Username dan password yang sama.

Contoh: Ketika anda Sign Up di setiap pembuatan akun
Apabila diminta memasukan email gunakan selalu : akademik.center@gmail.com (contoh)
Apabila diminta memasukan Username gunakan selalu : akademikcenter (contoh)
Apabila diminta memasukan Password gunakan selalu : 1223456 (contoh)

Untuk membuat email di Gmail klik: { DISINI }
=
=
APABILA ANDA MENGERTI ATAU MASIH ADA YANG INGIN DIPERTANYAKAN, ISI KOLOM KOMENTAR... TERIMAKASIH DAN SELAMAT MENCOBA!!

1 komentar:

TEMUKAN MAKALAH/ARTIKEL YANG ANDA CARI DI SINI:
Custom Search

Posting Terkini