Minggu, 19 Oktober 2008

Mengenal Blog

Di dalam posting ini saya kana menjelaskan secara singkat mengenai Blog. Sebelum masuk ke judul-judul tutorial yang lain, seperti cara membuat blog, Mengelola fitur-fitur Blog dll. Perlu kiranya saya memperkenalkan dan menjelaskan terlebih dahulu mengenai Blog berikut fungsi atau kegunaan dan juga di antaranya mengenai manfaat dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dari sana.

Blog merupakan singkatan dari "web log" yang merupakan bentuk aplikasi web yang memuat tulisan-tulisan sebagai posting. Dengan mamuat tulisan-tulisan di dalam Blog, anda bisa mempublikasikan informasi dalam bentuk apapun. Seperti Profil pribadi, Artikel ilmiah, Cerita, Berita, Iklan dll. Dan yang paling menarik, tulisan-tulisan yang dimuat di Blog yang anda miliki, bisa diakses oleh siapapun dari seluruh belahan dunia. Mereka dapat mengakses tulisan-tulisan anda melalui alamat blog yang anda miliki (URL) secara langsung atau melalui mesin pencarai seperti Google, Yahoo, MSN, Live Search dll.

Manfaat dan keuntungan dari Nge-Blog tergantung anda mempersepsikannya, karena bagi orang yang berfikir positif, apapun yang dilakukan pasti tersirat manfaat dan keuntungan di dalamnya. Tetapi pada umumnya manfaat Nge-Blog adalah untuk Publikasi (sarana menyampaikan informasi). Maka dengan manfaat tersebut akan memberikan keuntungan bagi banyak kalangan.

Apabila anda tertarik untuk membuat blog, Ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan Blog di internet, baik yang gratis maupun berbayar. Di antaranya:

WordPress (wordpress.com)
Friendster (friendsterblogs.friendster.com),
Microsoft Network (spaces.msn.com),
Google Blogger (www.blogger.com),
Yahoo! (360.yahoo.com),
Blogspot (https://www.blogger.com/start),
Multiply (multiply.com) dan lain-lain

Bahasan secara lengkap mengenai penyedia layanan blog akan saya bahas di judul tutorial lainnya.

Apabila anda berminat untuk membuat Blog di Internet, anda bisa memilih salah-satu di antaranya dengan kelebihannya masing-masing. Tetapi pada dasarnya sama saja.

1 komentar:

TEMUKAN MAKALAH/ARTIKEL YANG ANDA CARI DI SINI:
Custom Search

Posting Terkini